Senin, 24 Oktober 2011

APAKAH SETIAP ANAK SELALU TERKENA CACAR AIR?


Anak saya mempunyai 2 anak. Anak yang pertama berusia 6 tahun, kena cacar air. Padahal pada usia 1 tahun sudah divaksinasi cacar air. Anak yang kedua umur 4 tahun belum saya vaksinasi cacar air.
PERTANYAAN :
  1. Apakah setiap anak selalu terserang cacar air ? Sebetulnya  anak saya yang kedua mau saya vaksinasi cacar air tetapi dilarang neneknya. Kata nenek setiap orang mesti pernah terkena cacar air.
  2. Berapa lama sembuhnya cacar air itu ? Sampai kapan anak bisa menularkan penyakitnya ? Apakah boleh diberi bedak jagung?
  3. Apakah anak yang pertama perlu vaksinasi ulangan ?

Mohon penjelasan dan jawaban. Terima kasih.Ny.Tika - Probolinggo

JAWABAN :
  1. Ibu Tika, sebetulnya tidak semua anak itu terserang cacar air, karena sekarang ini sudah ada vaksinasi cacar air. Vaksin ini sangat efektif untuk mencegah cacar air. Vaksinasi dapat diberikan pada usia diatas umur 1 tahun. Dianjurkan diberikan pada daerah yang angka kesakitan cacar airnya tinggi dan pada orang yang kontak erat dengan penderita cacar air. Sayangnya harga vaksin cacar air saat ini  mahal dan masih  harus import dari luar negeri. Dianjurkan vaksinasi cacar air anak usia 1 tahun 1 kali dan pada remaja diberikan 2 kali suntikan dengan jarak waktu 4-8 minggu. Pada  wanita hamil tidak boleh diberikan vaksinasi cacar air. Memang ada anggapan dari orang tua jaman dahulu kalau setiap anak itu harus kena cacar air, tetapi sebetulnya hal ini keliru karena cacar air itu bisa menyebabkan komplikasi baik pada penderitanya maupun sumber penularan bagi sekitarnya.  Hati-hati orang yang sudah sembuh dari cacar air pada usia dewasa atau lanjut dapat terkena herpes zoster apabila keadaan umumnya  sedang menurun.
  2. Sembuhnya penyakit cacar air itu relatif lama tergantung dari cepat dan tepatnya obat yang diberikan dan umur penderita. Kalau diberikan obat minum cacar air (golongan acyclovir)  sedini mungkin kurang dari 2 hari dari sakitnya maka kelainan di kulitnya dan penyakitnya akan segera sembuh dalam waktu 5-7 hari. Tetapi kalau diberikan obat anti cacar air lebih dari 3 hari dari sakitnya maka perjalanan penyakitnya akan lebih lama. Apalagi kalau tidak diberikan obat anti cacar air maka sembuhnya akan memakan waktu 2-3 minggu. Makin muda usianya dan makin tua umurnya penderita makin lama penyembuhannya. Seorang penderita dapat menularkan cacar air pada waktu 1-2 hari sebelum dan 5 hari sesudah timbulnya penyakit cacar air. Masa inkubasinya yaitu masuknya virus ke dalam tubuh sampai timbulnya gejala antara 10-21 hari dan sangat menular pada orang sekitarnya antara 13-17 hari. Banyak masyarakat awam memberikan jagung pada kulit yang terkena cacar dengan harapan supaya cepat sembuh, tetapi belum ada penelitian yang membenarkan hal tersebut. Di kedokteran menganjurkan pemberian salep kulit acyclovir untuk mempercepat penyembuhan kulitnya.
  3. Menurut Buku Pedoman Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia Edisi 2010 , vaksinasi cacar air  dapat diberikan pada anak usia diatas 1 tahun. Biasanya akan memberi kekebalan pada tubuh. Tetapi kenyataannya  anak-anak di Indonesia yang telah divaksinasi cacar air pada usia 1 tahun masih bisa terserang penyakit cacar air pada usia diatas 5  tahun,  walaupun dalam bentuk yang ringan artinya timbulnya bercak-bercak cacar air tidak begitu banyak dan lama sakitnya lebih pendek.Hal itu terjadi mungkin karena zat kekebalan (antibodi) yang dibentuk oleh anak tersebut tidak optimal, sehingga masih bisa terkena cacar air. Apabila dirasa perlu untuk meningkatkan zat kekebalan tubuh, vaksinasi ulangan dapat diberikan pada usia  antara 5-7 tahun. Demikian penjelasan saya. Semoga berguna.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar