Senin, 24 Oktober 2011

Bayi Baru Lahir Tangannya Lumpuh


Anak saya umur 3 minggu  tangan kanannya tidak bisa bergerak. Sakit ini diderita sejak lahir.  Anak saya perempuan lahir normal dirumah bersalin ditolong oleh bidan  dengan berat badan lahir 4 kg. Saya rasakan agak sulit persalinannya.  Saya menjadi cemas dengan penyakit yang diderita anak pertama saya ini. Yang saya tanyakan :
  1. Apakah sebabnya anak saya ini tangannya lumpuh ?
  2. Apakah boleh saya  pijat ?
  3. Apakah anak saya bisa sembuh ?

Mohon jawaban dan penjelasan. Terima kasih. Ny.Tari-Banyuwangi

Jawaban :

  1. Ibu Tari, membaca surat ibu saya menduga putri ibu menderita kelumpuhan syaraf  tangan kanannya. Kelumpuhan ini dapat bersifat ringan sampai berat. Sebabnya kelumpuhan ini dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan antara lain faktor bayinya, kandungan dan jalan lahir atau proses persalinannya sendiri. Posisi bayi yang letaknya tidak normal seperti letak lintang, letak sungsang dapat menimbulkan kelainan ini. Bayi yang menderita kekurangan oksigen sejak dalam kandungan merupakan resiko timbulnya kelainan ini. Bayi yang besar yang berat lahirnya lebih dari 4000 gram seperti putrinya ibu dalam proses persalinannya lebih besar terjadinya penekanan pada tubuh bayi termasuk syarafnya oleh jalan lahir. Bayi yang lahirnya sulit oleh karena panggulnya ibu sempit atau bayinya terlalu besar mudah timbul kelainan pada syarafnya karena proses persalinannya melalui jalan lahir yang relatif sempit.  Sebab yang pasti sulit dicari karena proses persalinan itu terjadi dari menit ke menit yang bisa berubah setiap saat.  Seorang bidanmenolong persalinan berusaha menyelamatkan ibu dan anaknya.
  2. Sebaiknya ibu tidak memijat sendiri tetapi membawanya putrinya ke dokter anak dan dokter rehabilitasi medis untuk penanganan lebih lanjut.
  3. Sembuh atau  tidaknya tergantung dari berat ringannya kerusakan syaraf. Menurut penelitian  bayi yang menderita kelumpuhan ini 88% normal dalam waktu 4 bulan, 92% normal dalam usia 12 bulan, dan 7% kelainannya menetap pada usia 48 bulan. Oleh karena itu saya menganjurkan supaya putra ibu segera dibawa ke dokter spesialis anak terdekat untuk diperiksa dan penanganannya lebih lanjut. Mungkin perlu pemeriksaan yang lebih lanjut untuk mengetahui diagnosanya dan penanganan kelumpuhannya.  Faktor nutrisi terutama ASI dan vitamin sangat membantu penyembuhannya. Demikianlah penjelasan dan jawaban dari saya. Semoga berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar