Senin, 24 Oktober 2011

BUAH DADA ANAK LAKI-LAKI MEMBESAR


Pertanyaan :

Dok, anak saya laki-laki umur 11 tahun buah dadanya membesar.  Padahal lahirnya normal, waktu kecil dan masa balitanya kelihatannya sehat.  Anak saya suka makan telur dan ayam. Yang menjadi pertanyaan :
  1. Apakah nama penyakit yang diderita anak saya ini ?
  2. Apakah penyebabnya kelainan ini ?
  3. Apakah anak saya nanti bisa menikah ?

Mohon penjelasan dan jawaban. Terima kasih. Ny.Santi - Bondowoso

JAWABAN :

  1. Ibu Santi, pembesaran kelenjar mamma (buah dada) pada anak laki-laki disebut ginekomastia. Perlu dibedakan pembesaran kelenjar mamma yang sebenarnya dengan pembesaran kelenjar mamma pada anak yang gemuk (psedoginekomasti). Saya jelaskan bahwa pada pembesaran kelenjar mamma yang sebenarnya terjadi penambahan jaringan kelenjar mamma sehingga payudara kelihatan besar sedangkan pada anak yang gemuk kelenjar mamma kelihatan membesar karena adanya timbunan zat lemak dalam payudara. Pada usia permulaan sampai pertengahan pubertas kurang lebih 1/3 anak laki-laki akan mengalami pembesaran  kelenjar mammanya. Pembesaran kelenjar mamma dapat bersifat fisiologis (normal) pada anak laki-laki usia  pubertas yang umumnya terjadi pada satu payudara saja. Kelainan ini pada umunya akan menghilang beberapa bulan tetapi sebagian kecil ada yang menetap sampai beberapa tahun. 
  2. Penyebabnya ginekomastia itu karena tidak adanya keseimbangan antara hormon estrogen (hormon perempuan) dengan hormon androgen (hormon laki-laki) tetapi pada umumnya penyebab utamanya yang pasti belum diketahui. Pada bayi laki-laki baru lahir dapat timbul pembesaran payudara yang disebabkan karena pengaruh hormon estrogen dari ibunya yang dibawanya sejak dalam kandungan. Keadaan ini akan menghilang sendiri pada waktu beberapa minggu. Penyebab lainnya  bersifat keturunan dimana keluarganya ada yang menderita penyakit ini. Dilaporkan adanya kasus pengaruh hormon estrogen pada tiga anak laki-laki yang membesar buah dadanya karena terpapar  hormon estrogen dari bahan krim yang mengandung estrogen milik ibunya. Pernah dilaporkan kasus di Jepang dimana anak laki-laki mengalami pembesaran payudara disebabkan karena makan daging ayam ternak yang makanan sehari-harinya ayamnya mengandung hormon, supaya ayamnya gemuk . Penyakit ini dapat disebabkan juga karena kelainan bawaan yang didapat sejak bayi lahir yaitu hiperplasi kelenjar anak ginjal. Penyebab lainnya tumor sel buah zakar. Pada anak yang sakit kanker hati atau jaringan hati yang mengkerut dapat timbul kelainan ini. Oleh karena penyebabnya banyak maka perlu diperiksa secara teliti disamping memeriksa tumbuh kembangnya putra ibu. Perlu diketahui kapan munculnya pembesarannya apakah disertai kelainan-kelainan lainnya. Tidak kalah pentingnya apakah ada faktor dari keluarga. Kalau timbulnya pada waktu menjelang pubertas dan hanya terjadi pada satu sisi buah dada serta tanpa adanya kelainan lainnya biasanya bersifat fisiologis. Tetapi perlu diperhatikan anak laki-laki  yang mempunyai bentuk payudara membesar akan merasa malu dan rendah diri.
  3. Menurut data yang ada dalam surat ini kemungkinan putra ibu akan menjadi seorang laki-laki yang sehat.  Untuk penanganannya saya anjurkan ibu segera membawa putranya ke dokter spesialis anak terdekat.   Demikian penjelasan dari saya. Semoga berguna.

1 komentar:

  1. Eeemmm saya juga mau tanya adx saya gemuk umur 7 th dan buah dada nya lumayan gemuk itu normal apa tidak buat anak gemuk

    BalasHapus