Senin, 24 Oktober 2011

GURITA DAN UDEL (PUSAR) BODHONG



Pertanyaan :

Dok, saya mempunyai anak perempuan berumur 6 bulan udelnya bodhong, Benjolan tersebut makin membesar jika anak saya menangis atau mengejan. Waktu anak saya berumur 7 hari tali pusatnya sudah lepas, tapi pangkalnya masih basah. Untuk merawatnya saya beri alcohol 70% dan saya beri uang logam yang dibungkus dengan kain kasa, tetapi benjolan tersebut masih ada. Yang saya tanyakan :
  1. Apakah kelainan ini disebabkan pada waktu bayi tidak memakai gurita ?
  2. Bagaimana penanganannya ?
  3. Apakah perlu dioperasi ?

Mohon jawaban dan terima kasih. Ny.Nita-Bojonegoro.

Jawaban :

  1. Ibu Nita, kelainan pada kasus putri ibu bukan disebabkan karena pada waktu bayi tidak memakai gurita, tetapi disebabkan karena kelainan bawaan pada tali pusat, dalam bahasa jawanya kelainan ini dikenal dengan nama udel bodhong sedangkan istilah kedokterannya disebut hernia umbilikalis. Kelainan ini sering terjadi pada bayi lahir dan angka kejadiannya meningkat pada bayi yang lahir kurang bulan atau prematur.
  2. Pada umumnya bayi yang mempunyai kelainan bawaan ini disertai kelainan bawaan yang lain, seperti hernia di pelipatan paha atau penyakit kondor. Tidak ada perawatan khusus untuk menangani kelainan ini karena sebagian besar kelainan ini akan menghilang atau sembuh sendiri pada waktu anak berumur 2-3 tahun. Dengan bertambahnya umur dan pertumbuhan otot dinding perut maka benjolan ini berangsur-angsur akan masuk ke dalam sendiri. Perawatan dengan menggunakan uang logam  yang dibungkus kasa yang diplester tidak dianjurkan karena tidak efektif dan dapat menyebabkan iritasi dan infeksi pada kulit dan tali pusat. Penggunaan sabuk khusus untuk kelainan ini ada kerugian dan keuntungannya. Kerugiannya : menyebabkan penekanan pada perut sehingga pergerakan dinding perut tidak leluasa dan kalau terlalu erat akan menyebabkan muntah dan kadang-kadang menyebabkan iritasi kulit. Keuntungannya : benjolan yang agak besar mungkin lebih cepat masuk ke dalam.
  3. Pada kasus putri ibu karena benjolannya kecil sebesar kelereng dan tidak ada tanda-tanda gangguan pencernaan seperti mual, muntah maka tak perlu dilakukan operasi. Dengan bertambahnya umur Insya Allah benjolan ini akan masuk sendiri. Tindakan operasi dilakukan pada bagian kecil kasus saja yaitu apabila benjolan yang tetap ada pada usia 3 tahun benjolan hernia yang besar yang tidak mungkin masuk sendiri, benjolan atau hernia yang terjepit akhirnya benjolan tidak dapat kembali seperti semula dengan kulitnya berwarna merah kebiruan disertai muntah-muntah, karena ada usus yang terjepit. Demikian jawaban dan penjelasan dari saya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar